Pesantren Center Nusantara adakan sosialisasi Beasiswa Santri kerja ke Jepang

Pesantren Center Nusantara (PCN) bekerjasama dengan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Kiraku mengadakan kegiatan Sosialisasi Santri Siap Kerja ke Jepang pada Sabtu pagi (22/7/2023). Acara yang berlangsung di Mini Hall Pascasarjana IAI Al-Qolam itu diikuti oleh 27 perwakilan pondok pesantren di Kabupaten Malang.

Direktur Pesantren Center Nusantara, Dr. KH. Abdurrahman Said, M.Pd., dalam sambutannya mengatakan bahwa ada beasiswa untuk 125 santri dalam program magang kerja di Jepang. Beasiswa tersebut berupa pelatihan bahasa Jepang N5-N4-N3 JLPT selama 3 bulan di Pusat Studi Japan Corner di IAI Al-Qolam.

Dengan adanya kerjasama ini, Gus Dur sapaan akrab Direktur PCN mendorong para santri untuk bisa mengikuti program ini. Selain karena adanya peluang yang timbul dari krisis demografi di Jepang, beliau juga ingin syiar ahlussunnah wal jamaah an-nahdliyah (NU) bisa tersebar disana.

“Para santri yang nanti bisa berangkat ke Jepang bisa mensyiarkan Islam yang moderat dan bisa berkembang disana”, tuturnya.

Lebih jauh lagi, Gus Dur menjelaskan kepada para peserta sosialisasi, jika ada santri yang bisa berangkat maka menjadi nilai branding tersendiri bagi lembaga. “Karena berangkat ke Jepang itu sulit”, imbuhnya.

“Kami akan melakukan pendampingan hingga bisa berangkat ke Jepang. Keuntungan selanjutnya adalah Beasiswa dan fasilitas kursus yang representatif kepada santri. Semoga cita-cita berangkat ke Jepang bisa terwujud”, kata pria yang juga Direktur Pascasarjana IAI Al-Qolam ini.

Pada pembukaan sosialisasi pagi ini (red) dihadiri oleh Ketua PC LPNU Kabupaten Malang, Agus Fajri dan Ketua Dewan Pakar ICMI, Prof. Dr. Hariadi. Sementara itu, yang menjadi narasumber kegiatan adalah Bara Susanto, Ketua Yayasan Kiraku dan Dr. Sita Acetylena, M.Pd., Direktur LPK Kiraku sekaligus Ketua Japan Corner IAI Al-Qolam Malang. (chandra. Staf PCN)

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *