VISI KAMI

Visi Pascasarjana Al-Qolam

Menjadi Pascasarjana Pengabdian Transformatif Berbasis Pesantren Terbaik Jawa Timur pada Tahun 2030

Unsur-unsur dari visi di atas bisa diperjelas sebagai berikut:

Pengabdian Transformatif ”; maksudnya adalah:

“Pengabdian” adalah salah satu pilat dari Tridharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 4 tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi. Pengabdian kepada masyarakat merupakan kegiatan yang memanfaatkan ilmu pengetahuan dalam memberikan sumbangan demi kemajuan Masyarakat. Sementara “transformatif ” adalah orientasi dari pengabdian yang dilaksanakan oleh Pascasarjana Al-Qolam Malang. Orientasi transformatif berangkat dari asumsi bahwa fungsi dari teori sosial tidak untuk memahami realitas sosial semata, namun lebih dari itu juga mendorong secara emansipatoris-partisipatif adanya peubahan positif terhadap struktur melalui terciptanya relasi yang secara fundamental baru dan lebih adil dalam segala bidang

Berbasis Pesantren”; maksudnya adalah:

  • Mengintegrasikan seluruh aspek sistem pendidikan dan pengelolaan kelembagaan di lingkungan Pascasarjana AlQolam Malang dengan nilai-nilai luhur pesantren dan aswaja, yakni dalam cara berpikir, cara bersikap, dan cara berperilaku, baik secara internal (individu dan komunitas sendiri, atau the self) maupun secara eksternal (orang dan komunitas lain, atau the others, yang berbeda dan beragam).
  • Memaknai pesantren bukan sebagai lembaga pendidikan agama saja, melainkan lebih sebagai sebuah “great tradition”, yakni tradisi agung yang mencerminkan keislaman dan sekaligus keaslian Nusantara (indigenous) yang turut membentuk nilai-nilai luhur masyarakat Indonesia sejak masa Islamisasi paling awal hingga saat ini
  • Mengaktualisasikan nilai-nilai luhur pesantren dan aswaja yang telah diintegrasikan dengan budaya akademik Pascasarjana Al-Qolam Malang sebagai paradigma pendidikan Islam alternatif bagi pengembangan lembagalembaga pendidikan di Indonesia, termasuk di dalamnya Pascasarjana Al-Qolam Malang dan bahkan Pesantren sendiri.

Terbaik”; maksudnya adalah:

  • Memiliki sistem pengelolaan kelembagaan, sistem pendidikan, sumber daya manusia, dan sarana-prasarana yang mendukung visi yang ditetapkan, serta sesuai dengan standarisasi yang ditetapkan oleh pemerintah
  • Mengacu kepada kebutuhan aktual masyarakat, utamanya pihak pengguna lulusan
  • Mengikuti setiap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
  • Menjadi percontohan bagi lembaga-lembaga pendidikan sekitar, terutama pada jenjang yang sama.

“Jawa Timur”; maksudnya adalah batasan teritorial yang bersifat regional di mana Pascasarjana Al-Qolam Malang menjadi yang terbaik serta menjadi percontohan bagi lembagalembaga lain pada jenjang yang sama“Tahun 2030”; maksudnya adalah tahun di mana Pascasarjana Al-Qolam Malang ditargetkan untukberalih status menjadi serta berkembang sebagai Pascasarjana Pengabdian Transformatif Berbasis Pesantren Terbaik

Misi Pascasarjana Al-Qolam Malang

  • Meningkatkan mutu pengelolaan kelembagaan dan sistem pendidikan tinggi yang berkualitas, profesional, transparan, dan akuntabel.
  • Mengembangkan kajian ilmu keislaman yang bertumpu kepada riset sebagai basis akademiknya dan integrasi-interkoneksi keilmuan sebagai paradigmanya, serta berintegrasi dengan nilai-nilai luhur pesantren dan aswaja
  • Meningkatkan mutu kegiatan pendidikan dan pembelajaran yang berbasis riset serta bertumpu kepada paradigma keilmuan integrasiinterkoneksi dan pendekatan interdisipliner
  • Melaksanakan kajian dan riset keilmuan dan sosial yang berorientasi kepada humanisasi, liberasi, dan transendensi, serta bertujuan untuk mencapai tujuan-tujuan universal (maqashid syari’ah) dan membumikan nilai-nilai luhur pesantren dan aswaja
  • Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat pada bidang pendidikan Islam berorientasi kepada konservasi kebudayaan lokal, serta kepada penguatan kemandirian masyarakat, baik pada aspek kehidupan sosial, ekonomi, maupun politik
  • Mengkontekstualisasikan penguatan relevansi pesantren, baik pada ranah sosial maupun akademis-intelektual.

Tujuan Pascasarjana Al-Qolam Malang

  • Tujuan umum
    • Terciptanya sistem pengelolaan lembaga pendidikan tinggi yang berkualitas, profesional, transparan, dan akuntabel.
    • Terbentuknya masyarakat ilmiah yang bertakwa, berkepribadian luhur sesuai dengan nilai-nilai pesantren dan aswaja, berwawasan keilmuan yang integratif-interkonektif, dan berpola pikir yang kritis dan kreatif
    • Tercapainya kualitas kegiatan pendidikan dan pembelajaran yang berbasis riset serta bertumpu kepada paradigma keilmuan integrasi-interkoneksi dan pendekatan interdisipliner.
    • Tercapainya kualitas kajian dan riset sebagai basis akademik yang berorientasi kepada humanisasi, liberasi, dan transendensi
    • Tercapainya kualitas pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi kepada konservasi kebudayaan lokal, serta kepada penguatan kemandirian masyarakat pada aspek kehidupan sosial, ekonomi, politik, dan budaya
    • Terlaksananya pengembangan tradisi keilmuan pesantren yang mampu memperkuat kapasitas transformasinya dalam melestarikan tradisi, di satu sisi, dan mengakomodir modernitas, di sisi yang lain.
  • Tujuan Khusus; yakni terwujudnya sarjana pendidikan islam santri yang:
    • Bertakwa dan berkepribadian luhur sesuai dengan nilainilai pesantren dan aswaja
    • Berwawasan keilmuan yang integratif-interkonektif serta berpola pikir yang kritis, kreatif, dan inovatif dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta tradisi pesantren