SEDARING NASIONAL PARADIGMA KEILMUAN BERBASIS PESANTREN

Pascasarjana IAI Al-Qolam Malang mencoba menyatukan persepsi mengenai paradigma keilmuan di dua Perguruan Tinggi yang sama-sama berbasis Pesantren, yaitu IAI Al-Qolam Malang dan Universitas Zainul Hasan Genggong Probolinggo. Untuk itu, Pascasarjana menggelar acara Seminar dalam Jaringan Sedaring Nasional dengan tema Paradigma Keilmuan Perguruan Tinggi berbasis Pesantren. Dalam acara ini dihadirkan Dr. KH. M. Adib Abdusshomad Kasubdit Kelembagaan Kemenag RI sebagai Keynote Speaker.

Dalam sambutannya, Dr. Adib Abdusshomad menyatakan bahwa paradgma keilmuan sungguh sangat penting dalam membangun struktur keilmuan yang kokoh dalam sebuah perguruan tinggi. Untuk itu, Sedaring Nasional ini merupakan salah satu media komunikasi dan sharing untuk memperkaya perangkat pengetahuan terkait paradigma tersebut, terutama untuk masing-masing sivitas akademika dua perguruan tinggi.

sementara itu, kedua narasumber Dr. KH Muhammad Adib Rektor IAI Al-Qolam Malang dan Dr. KH. Abdul Aziz Wahab, memngungkapkan kerangka filosofis dari masing-masing paradigma keilmuan yang dibangun. Direktur Pascasarjana sebagai inisiator acara ini menyatakan bahwa Sedaring Nasional ini sesungguhnya bagian dari komitmen Pascasarjana IAI Al-Qolam Malang dalam pemberdayaan lembaga pendidikan, terutama yang berbasis Pesantren. “Kita bertanggungjawab untuk bersungguh-sungguh dalam eksplorasi khazanah pesantren, dan kemudian ekspos nilai-nilai luhurnya ke kancah nasional dan internasional”.

Leave a comment

Your email address will not be published.